fbpx
Home / Training / Mari Mengenal Social Support

Mari Mengenal Social Support

Indahnya Berbagi!

Ketika kita mengalami kesulitan kita akan merasa panik lalu mencari cara dengan pemikiran tidak logis untuk keluar dari kesulitan tersebut. Tetapi, ada pula kondisi saat kita mengalami kesulitan, tetapi kita tetap tenang karena menyadari akan ada orang yang bisa membantu kita keluar dari kesulitan itu. Sudah atau belum kamu tau, Rasa tenang itu adalah dampak positif dari Social Support. Apa itu? Mari mengenal Social Support.

Social Support adalah salah satu istilah untuk menerangkan bagaimana hubungan sosial menyumbang manfaat bagi kesehatan mental atau kesehatan fisik pada individu. Ahli Psikologi Sosial, Baron dan Byrne (2000) mendefinisikan social support sebagai kenyamanan fisik dan psikologis yang diberikan oleh teman-teman dan keluarga individu tersebut.

Sama halnya Menurut Taylor (2009, ia mendefinisikan bahwa social support merupakan informasi yang diterima dari orang lain bahwa individu tersebut dicintai, diperthatikan, memiliki harga diri dan bernilai serta merupakan bagian dari jaringan komunikasi dan kewajiban bersama yang berarti saling dibutuhkan yang didapat dari orang tua, suami, atau orang yang dicintai, keluarga, teman, hubungan sosial dan komunikasi.

Social support timbul oleh adanya persepsi bahwa terdapat orang-orang yang akan membantu apabila terjadi suatu keadaan atau peristiwa yang dipandang akan menimbulkan masalah dan bantuan tersebut dirasakan dapat meningkatkan perasaan positif serta meningkatkan harga diri.

Kondisi atau keadaan psikologis ini dapat mempengaruhi respon-respon dan perilaku individu sehingga berpengaruh terhadap kesejahteraan individu secara keseluruhan. Kesimpulannya, social support  adalah kenyamanan, perhatian, penghargaan, atau bantuan yang diperoleh dan dirasakan seseorang dari hubungannya dengan orang lain.

Maka alangkah lebih baiknya kita lebih mengutamakan kebersamaan bersama komunitas kita. Komunitas dari skala terkecil seperti Keluarga,Teman,Tetangga hingga setiap orang yang kita jumpai patut kita hargai.

Waktu kebersamaan komunitas adalah satu hal yang juga penting dibandingkan uang. Komunitas inti seperti keluarga, teman hingga tetangga patut kita beri waktu luang untuk menguatkan Social Support. Toh juga nanti kita akan nyaman karena ikatan yang terjalin bersama komunitas akan menyehatkan mental dan fisik.

Berinteraksi ringan dengan komunitas adalah hal termudah untuk menjalin ikatan. Tetapi bersenang-senang bersama adalah cara tercepat dan terampun untuk menguatkan social support. Kegiatan seperti Family Gathering, jalan-jalan hingga makan besar bersama telah lama dikenal sebagai cara bersenang-senang bersama. Ga percaya? Lihat video Family Gathering yang dapat menguatkan ikatan antara personal di TIV Aqua Semarang, berikut ini :

Indahnya Berbagi!

About Admin JN

Check Also

BNI Syariah Surakarta : Bersama Kita Bahagia

Indahnya Berbagi!FacebookTwitterPinterestLinkedInIndahnya Berbagi!FacebookTwitterPinterestLinkedIn

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat Chat Kami Sekarang!